Pages

Saturday, November 14, 2015

Tips Tidur Nyenyak, ini 5 Cara Yang Bisa Anda Lakukan Di Tempat Tidur !

CameraBorneo, Siapa sih yang tidak ingin tidur nyenyak ? tentu semua orang mendabakanya bukan ? namun terkadang kenyataannya tidak semudah yang kita bayangkan, disaat orang tertidur pulsa mungkin mata kita sulit di pejamkan padahal hari sudah hampir ayam berkokok, weeee weee insomnia memang sangat menyiksa diri kita.

Untuk hidup sehat kita membutuhkan waktu tidur yang cukup, kata Bu Doketr dan Pak Dokter Tidur sehat itu 8 jam, tapi apa daya ketika insomnia kerap melanda pada diri kita.
Kata Dokter Andi SpKJ, FAPM Merupakan Psikiater dan Kepala Klinik Psikomatik Omni Hospital Alam Sutera “ Terapi Insomnia haru dimulai dengan menjaga pola tidur yang baik,” tuturnya.

Tips Tidur Nyenyak Setiap Malam

Yang disarankan oleh dr Andri untuk memiliki pola tidur yang sehat ada beberapa pola yang bias dilakukan seseorang di antaranya :
  1. Dilarang Minum The atau Kopi sebelum tidur, ( saat menjelang tidur ).
  2. Jangan melakukan sesuatau di tempat tidur misalnya : Main Game dengan Gadget sebelum tidur, Menonton TV di tempat tidur, Membaca sesuatu dengan Laptop atau Note Book, ada hal yang lebih baik yang bias anda lakukan di tempat tidur yaitu membaca buku. 
  3. Andai kata dalam 1 jam anda belum bias tidur, bangunlah terlebih dahulu dan jika kembali mengantuk maka segeralah tidur. 
  4. Jangan selalu memperhatikan jam dinding ketika hendak tidur. 
  5. Jangan terlalu banyak tidur siang karena bisa mengurangi tidur malam anda, atu lebih baik anda melewatkan tidur siang
 “ Terapi pengobatan dengan obat tidur merupakan salah satu pilihan, dalam beberapa kasus misalnya seseorang susah tiduh sudah dalam jangka waktu satu ( 1 ) bulan, biasanya terapi pengobatan dengan obat tidur diperlukan," terang dr Andri.

Para dokter seringkali merefresnsikan penggunaan obat anticemas golongan benzodiazepine, sebenarnya ini tidak direkomendasikan untuk obat anti insomnia. Mengapa obat ini sering dipakai ? sebab efek sensasinya bisa mengurangi rasa cemas dan membuat relaks, menurut keterangan dr Andri.

Penggunaan obat anti cemas dalam jangka panjang akan berakibat seseorang akan mengalami ketergantungan, dari pada itu dosis yang digunkanpun cenderung  Akan tetapi perlu diperhatikan selalu bertambah, resiko lainnya adalah putus zat, namun dalam penggunaan jangka pendek obat anti cemas ini tidak menimbulkan efek.


"Sudah seharusnya dokter yang menangani kasus insomnia ini harus terlebih dahulu melakukan penafsiran awal, Apakah insomnia yang terjadi adalah insomnia primer ? yang tidak melibatkan masalah medis atau gangguan jiwa, atau sebenarnya insomnia yang diderita ini merupakan suatu gejala gangguan jiwa berat yang tidak tertangani dengan baik dan segera," papar dr Andri.


Jika anda sudah lama sering susah tidur atau insomnia berat, ada baiknya anda mencari solusi atau berkonsultasi dengan pakarnya, karena susah tidur tidak akan teratasi hanya dengan menghitung gambar gajah atau burung atau kambing sebelum tidur.



Untuk Kemajuan Blog ini silahkan anda memberi saran dan kritik dan tidak boleh mengandung SARA !

No comments:

Post a Comment

Jika anda suka dengan " Galeri Foto Borneo "Silahkan anda tulis komentar anda di kotak bawah ini dan anda harus mempunyai akun @gmail.com