Pages

Sunday, April 9, 2023

MARAH BESAR dengan Pesulap Merah, Dayak Kalimantan Datang ke Jakarta dan Tantang Marcel

Orang Dayak geram dengan ungkapan sakti merah tersebut, mengaku sangat tersinggung dengan komentar Marcel.

Salah satu warga Dayak dengan marah bernyanyi bersama si pesulap merah ke Jakarta untuk menemui si pesulap merah.



Tak hanya itu, kini suku Dayak juga menantang para Pesulap Merah.

Orang Dayak asli menanggapi serius komentar Pesulap Merah tentang perlakuan terhadap Ida Dayak.


Seorang pria bernama Eda Steven Lalung baru-baru ini menantang Pesilap Merah untuk sebuah pertemuan. Apa yang membuat Eda, yang merupakan orang Dayak, bertemu langsung dengan pesulap merah?

Dan apa jawaban pria bernama asli Marcel Radhival itu saat ditantang oleh Eda?

FYI, Marcel berbicara tentang pengobatan viral Ida Dayak.

Ida Dayak sendiri konon bisa menyembuhkan patah tulang, keseleo, saraf terjepit, stroke bahkan lumpuh.

Jenderal TNI mengundang Ida Dayak ke putra terkenal Presiden Soekarno.

Melihat viralnya Ida Dayak, Marcel memuji. Menurut Marcel, Ida Dayak tidak sakti dan hanya seorang chiropractor.

“Apa yang dilakukan Ida Dayak tidak ada hubungannya dengan kesaktian, magis, atau mistis. Dia adalah seorang ahli patah tulang pada umumnya. Dan tarian yang dilakukan Bu Ida Dayak hanya untuk menenangkan pasien, bukan dengan mantra, bukan hanya sihir. kata Marcel Radhival dalam video kanal Red Magician dilansir TribunnewsBogor.com, Sabtu (8/4/2023).

Marcel tak hanya mengomentari perempuan bernama asli Ida Andriyani itu, tapi juga masuk ke suku Dayak. Marcel tampak heran Dayak disebut sebagai kawasan mistis.

"Dayak atau Kalimantan mungkin ada di Jakarta atau Jabodetabek seperti daerah yang sangat misterius atau memiliki pengetahuan yang kuat," kata Marcel.

Seorang YouTuber dan content creator tiba-tiba menantang Dayak.

Yakni menemuinya untuk menyaksikan kesaktiannya.

Pasti banyak komentar di bawah judul: "Kalau tidak percaya santet, datang ke Kalimantan, datang ke sini ke orang Dayak". Saya berbisik di sini, apakah itu akan pergi ke sana? Jadi siapa yang harus saya temui", putus Marcel.

“Jika saya tidak dapat memecahkan keajaiban yang dilakukan orang-orang di sana, saya akan mengembalikan biaya yang Anda bayarkan sepuluh kali lipat. Saya selalu berani," lanjutnya.

Tak main-main, Marcel pun menjanjikan hadiah jika orang Dayak bisa membuktikan kesaktiannya. “Arahin, dukun yang ingin memperagakan ilmu hitam, suruh saya kesana, mari kita lihat langsung. Kalau Dukun itu terungkap, dia harus mengakui bahwa dia penipu,” kata Marcel dengan tegas.

Jawaban orang Dayak

Eda Steven Lalung pun tak tinggal diam saat melihat tantangan yang disodorkan Marcel, warga asli Dayak dan pribumi.

Melalui laman media sosialnya, Eda mengaku juga ingin bertemu dengan Marcel.

“Selamat malam, Pesulap Merah Marcel. Saya Eda Steven, saya sudah berada di Kota Jakarta. Aku ingin bertemu denganmu, katakan," tambah Eda melalui akun TikToknya.

Eda mengungkapkan bahwa Marcel tidak perlu jauh-jauh datang ke Kalimantan.

Karena Eda kini berada di Jakarta untuk bertemu dengan pesulap merah.

“Tidak harus ke Kalimantan. Kami sudah menunggu di Jakarta untuk Anda menghubungi kami atau menandai kami titik pertemuan," kata Eda.

Video yang diunggah Eda baru-baru ini menjadi viral.

Tidak butuh waktu lama bagi Marcel untuk menjawab.

Marcel tertantang untuk bertemu dengan Eda yang dikenal sering melakukan ritual adat Dayak. Dia tidak takut.

“Wah bagus sekali, saya tidak harus ke Kalimantan, tapi ada orang Dayak Indian yang siap bertemu untuk membicarakan beasiswa Kalimantan yang katanya sangat ampuh. Bisakah Pak @eda_steven_lulung membalas DM saya, mohon luangkan waktu. Bicara soal untouchable, santet, santet atau budaya Dayak/Kalimantan yang sering digunakan dukun sebagai perlindungan dari penipuan, saya siap,” kata Marcel dalam unggahan Instagram terbarunya. 

Pesulap Merah mengomentari Ida Dayak

Sebelumnya diberitakan, Red Magician baru-baru ini angkat bicara panjang lebar soal aktivitas Ida Dayak

Menurutnya, trik pengobatan Ida Dayak tidak istimewa.

Karena menurut Marcel, Ida Dayak itu seperti chiropractor manapun.

“Kalau saya sih biasa saja (dari pengobatan Ida Dayak), saya baru lihat, memang dokter spesialis patah tulang melakukan itu ya? Spesialis patah tulang, ketika patah seperti ini, tugas mereka adalah mengembalikan tulang seperti itu, memberi mereka jaringan, nanti akan bergabung lagi dengan sendirinya, itu adalah sistem tubuh kita, "kata Marcel Radhival pada hari Rabu di acara Riset Intensif, menurut kepada TribunnewsBogor.com (4 Mei 2023).

Marcel sinis dengan minyak khusus yang digunakan Ida Dayak. Menurutnya, setiap chiropractor harus menggunakan minyak khusus daerahnya.

“Setiap daerah memiliki minyak tradisionalnya masing-masing. Jadi ini adalah obat-obatan dan ramuan dari masa lalu. Tidak lebih berkembang di daerah ini, tidak juga, tergantung penyakitnya," kata Marcel Radhival.

Terkait fenomena viralnya Ida Dayak, Marcel mengembangkan analisis mengapa pengobatan terhadap perempuan tersebut begitu efektif. Menurut Marcel, hal itu karena Ida Dayak tidak mematok harga untuk pengobatan tersebut.

“Mungkin karena tidak menanyakan harga, masyarakat jadi pilihan kedua sebelum ke dokter karena biaya dokter mahal. Kalaupun menggunakan BPJS, biasanya banyak tertunda. Makanya lebih murah coba pengobatan alternatif, lebih ke ongkos sih" kata Marcel Radhival. 

Untuk Kemajuan Blog ini silahkan anda memberi saran dan kritik dan tidak boleh mengandung SARA !